Home - Blog Komputer Smartphone Daftar Isi

Mengetahui Pengertian dan Kegunaan Mouse Komputer

Mengetahui Pengertian dan Kegunaan Mouse Komputer - Mouse merupakan salah satu alat input. Saat memindahkan mouse, pada layar akan tampak tanda Mouse seperti panah kecil yang disebut mouse pointer.  Mouse pointer akan mengikuti gerakan mouse yang kita kendalikan. Dengan mengarahkan mouse pada salah satu berkas atau salah satu toolbar, maka komputer akan menjelaskan apa yang dapat kita lakukan dengan ikon tersebut dan memberikan informasi tentang ikon yang dipilih. Kita dapat memilih tombol kanan atau kiri saat menggunakan mouse. Saat kita mengklik, akan terlihat jelas salah satu ikon yang kita klik.

#Teknik Dasar Mouse

  • Pointing
Memindahkan posisi mouse pada satu item ke item lainnya.

  • Klik
Menekan dan melepaskan tombol kiri pada mouse.

  • Double Klik
Menekan dua kali pada tombol kiri mouse agar proses lebih cepat

  • Dragging
Memindahkan salah satu item pada salah satu folder sesuai dengan keinginan pengguna dengan menekan tombol kiri pada mouse dan menahannya ketika memindahkan item yang dikehendaki, kemudian dilepaskan jika sudah terpindah.

  • Right-klicking
Menyediakan beberapa pilihan, caranya dengan menekan tombol kanan. Tetapi pada saat memilih tetap menggunakan tombol kiri.

Mengetahui Pengertian dan Kegunaan Mouse Komputer




#Menggunakan Mouse untuk Hasil Lebih Cepat

Semua mouse terdiri dari 2 tombol, yaitu tombol kanan dan tombol kiri, kita bisa menggunakan tombol kiri untuk memilih text, menarik item, atau mendekatkan item-item pada layar. Saat kita mengklik item dengan tombol kanan, serupa pada ikon atau gambar, maka shortcut menu akan terlihat dan di dalamnya telah terpilih beberapa pilihan yang berhubungan dengan item yang dipilih. Selain tombol kanan dan kiri, roda yang berada pada mouse (di antara tombol kanan dan kiri) dapat membantu kita menggulung layar ke atas atau ke bawah dengan cepat.

Baca Juga

#Menggunakan Mouse Dengan Web Style

Windows memadukan penggunaan internet dengan beberapa fungsi lain. Hal ini dapat memperluas jalur internet dan kita dapat mengganti beberapa jenis style, caranya klik kiri tombol Start, klik Control Panel, klik Appearance And Personalization. Klik Specify Single atau double klik untuk membuka dan menghubungkan ke dalam pilihan folder, klik single untuk membuka item (untuk menambahkan pilihan) atau klik double-klik untuk item pada pilihan single klik, kemudian klik OK.

Baca JugaCara Menggunakan VLC Media Player

Demikianlah pembahasn kami mengenai Mengetahui Pengertian dan Kegunaan Mouse Komputer, semoga bermanfaat.


adnow

loading...
About |Privacy Policy |Disclaimer |Hubungi Kami
arahblogg ~ Copyright © 2015 by Blogger